Thursday, May 5, 2011

Generasi Muda Perlu Diberi Wawasan Tentang Perencanaan Kota

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan bahwa generasi muda perlu diberikan wawasan mengenai pembangunan kota dan perencanaan kota. Oleh karena itu, dirinya mendukung acara-acara semacam "Planners Goes to School" oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP), yang mengajak anak-anak untuk mengenal sejak dini mengenai perencanaan kota.
Hal tersebut disampaikan Menteri PU saat berdialog dengan siswa-siswa SD Al Azhar Pusat yang mengikuti acara "Planners Goes to School" di lobby gedung Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU), minggu lalu. Para peserta tampak amat antusias menanyakan mengenai pembangunan kota dan peran Kementerian PU. Dalam acara tersebut, peserta juga diajak berkunjung ke ruang kerja Menteri PU untuk melihat secara langsung ruangan  di mana keputusan-keputusan penting dibuat. Djoko berharap, acara tersebut mampu melahirkan generasi-generasi muda yang peduli pada lingkungan dan pembangunan kota.
Acara "Planner Goes to School” merupakan terobosan IAP dalam melakukan pencerdasan terhadap pembangunan kota dan aspek tata ruang. Sebab, persoalan pembangunan perkotaan dewasa ini tidak hanya menghadapi persoalan teknis dan birokratis semata. Pemerintah kota menghadapi persoalan-persoalan yang terkait dengan behavior (perilaku) dari para pelaksana pembangunan kota, baik dari kelompok birokrasi atau masyarakat sipil lainnya.
Banyak kasus minimnya partisipasi masyarakat dalam proses penataan ruang ( baik perencanaan, pemanfaatan ataupun pengendalian) disebabkan adanya kesenjangan informasi yang cukup besar antara masyarakat dan perencana mengenai tata ruang atau pembangunan kota.
Selepas berdialog dengan Menteri PU, peserta melaksanakan kegiatan di Taman Suropati Menteng dan Jakarta City Planning Gallery. Selama kegiatan tersebut, peserta diberikan informasi sederhana mengenai pembangunan kota dan bagaimana menjadi warga kota yang baik. Peserta mempelajari sejarah dan arah pembangunan kota Jakarta melalui display yang ada. (EC/IAP/ifn)
Pusat Komunikasi Publik www.pu.go.id


No comments:

Post a Comment